APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN Ms.ACCES
Pada
posting kali ini penulis akan membahas aplikasi pengolahan data perpustakaan
dengan menggunakan Microsoft Access.
I. Latar Belakang
Kebutuhan
akan pengolahan data buku perpustakaan mendorong penulis untuk memberikan
penjelasan tentang tata cara membangun aplikasi pengolahan data perpustakaan
dengan menggunakan Microsoft Access. Dalam pembahasan ini penulis hanya
membayangkan aplikasi menurut gambaran yang ada dalam pikiran penulis sendiri,
bukan berdasarkan kenyataan dari perpustakaan manapun. Jadi mungkin saja apa
yang ada pada tulisan di sini tidak sesuai dengan kebutuhan pembaca sekalian,
namun setidaknya tulisan ini bisa digunakan sebagai bahan referensi bagi
siapapun yang ingin mengembangkan aplikasi pengolahan data perpustakaan.
II. Fungsi Aplikasi Perpustakaan
Aplikasi
perpustakaan yang akan dibangun berfungsi untuk:
1.
Mencatat data buku di
Perpustakaan
2.
Mencatat data anggota
Perpustakaan
3.
Mencatat data
peminjaman dan pengembalian buku oleh anggota
4.
Mencatat data denda
pengembalian yang terlambat
5.
Membuat laporan
peminjaman buku
6.
Mencetak daftar
Anggota
7.
Mencetak daftar Buku
8.
Mencetak data denda
pengembalian buku yang terlambat
9.
Mencetak grafik
anggota yang paling sering meminjam buku
Fungsi-fungsi
tersebut akan dipenuhi oleh aplikasi dengan menggunakan struktur menu yang
bersifat hirarki dengan menggunakan pulldown menu.
III. Tempat Penyimpanan Data
Untuk
menyimpan semua data, kita akan membagi data dalam dua golongan yaitu tabel
data master dan tabel data transaksi. Tabel data master adalah data yang
menjadi acuan dari data transaksi. Adapun ciri dari data master adalah:
·
Data master jarang
berubah
·
Data master biasanya
mempunyai satu primary key dan akan menjadi foreign key pada data transaksi
·
Contoh primary key
dalam data tabel master adalah:Kode_Anggota, Kode_Buku
Tabel
data transaksi adalah tabel data yang menyimpan data dari sebuah transaksi,
misalnya transakasi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan, pembelian
barang, penjualan barang atau transaksi absensi karyawan. Adapun ciri dari
tabel data transaksi adalah:
·
Memiliki foreign key yang berelasi dengan tabel data master
·
Jumlah record sering
berubah tergantung adanya transaksi, misalnya transaksi penjualan
·
Data pada tabel
transaksi biasanya ada proses perhitungan antar field, misalnya harga_satuan *
jumlah_barang menghasilkan nilai sub total harga barang.
Tabel
master yang diperlukan pada aplikasi perpustakaan terdiri dari:
1.
Tabel Master_Anggota
2.
Tabel Master_Buku
Tabel
transaksi yang diperlukan terdiri dari:
1.
Tabel Pinjam
2.
Tabel Pinjam_Detail
3.
Tabel Histori_Buku
Gambar
relasi tabel aplikasi perpustakaan
IV. Proses Input Data
Proses
input data adalah proses menyimpan data ke dalam tabel pada database yang kita
bangun. Dalam merancang user interface untuk proses input data kita harus
memberikan kemudahan kepada user dan kontrol agar proses input data dapat
dilakukan dengan mudah dan meminimalkan kesalahan proses input data.
Form
yang disediakan pada aplikasi perpustakaan terdiri dari:
IV. Laporan atau pencetakan data
Salah
satu tujuan dari pembuatan aplikasi dengan komputer adalah mendapatkan
informasi yang berupa print out. Laporan-laporan yang akan disediakan pada
aplikasi ini antara lain
1.
Laporan daftar anggota
perpustakaan
2.
Laporan daftar buku
perpustakaan
3.
Laporan Daftar Pinjam
Buku
4.
Cetak data histori
buku perpustakaan
5.
Daftar Denda
6.
Grafik Top 3 Peminjam
V. Penutup
Contoh
aplikasi perpustakaan ini saya dedikasikan untuk para pengunjum blog ini untuk
belajar Microsoft Access. Jika ada saran, kritik dan masukan silakan anda dapat
memposting saran anda melalui fasiltas untuk mengisi komentar atau melalui
widget shout mix pada blog ini.salasia46.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar